Tuesday, March 22, 2011

Aksi Anak Jogja Peduli Jepang

21 Maret 2011


Puluhan siswa sekolah, meramaikan acara yang bertajuk Aksi Anak Jogja Peduli Jepang di halaman Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Minggu (20/3). Mereka beramai-ramai melukis pada kertas berukuran kartu pos yang berisikan lukisan maupun kata-kata untuk menyemangati para korban gempa dan tsunami di Miyagi (Jepang). Kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Atsuki (Komunitas Anime Tokusatsu), salah satu komunitas pecinta kebudayaan Jepang di Yogyakarta.


Selain lukisan, juga ada kegiatan pembuatan origami (seni kertas lipat jepang), yang berbentuk bangau. Ali Warkhan, Penanggung Jawab Atsuki mengatakan akan dibuat 1.000 origami berbentuk bangau, yang sebagai simbol bahwa Yogya peduli Jepang.” Puluhan siswa tersebut antusias mengikuti kegiatan tersebu. Dulu saat Yogya terkena musibah gempa tahun 2006, Jepang merupakan salah satu negara yang peduli. Dengan adanya kegiatan ini, kita ingin menunjukkan kepedulian kepada mereka,” papar Ali Warkhan.

 Antusiasme anak-anak dalam kegiatan ini, membuat Mami Ohisi terharu. Ia adalah salah satu mahasiswi ISI Yogyakarta yang berasal dari Jepang. “Saat bencana terjadi, saya berada di Yogyakarta. Dengan adanya kegiatan ini, saya ingin terlibat di dalamnya.” kata wanita yang fasih berbahasa Indonesia ini. “Semua karya akan dipertunjukkan di salah satu galeri kesenian di Miyagi. Tempatnya seperti TBY ini.” Tambah Mami Ohisi.
Kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian aksi peduli terhadap bencana Jepang. Aksi berikutnya bertajuk 'Jogja’s Message for Japan’ yang akan digelar pada 24 Maret 2011, mulai pukul 20.00 WIB bertempat di TBY. Sedangkan puncaknyai pada aksi penggalangan dana yang diberi tajuk Jogja Care for Japan yang akan dilangsungkan pada 26 Maret 2011 di Yudhistira Hall, JEC (Jogja Expo Center) Lt. 2 
- dj_atee -

No comments:

Post a Comment