Saturday, March 19, 2011

Tawur Agung Kesanga 2011

04 Maret 2011

Menyambut perayaan Hari Raya Nyepi, umat Hindu dari Yogyakarta dan Jawa Tengah melakukan prosesi Tawur Agung Kesanga di pelataran selatan Candi Prambanan , Jumat (4/3). Prosesi ini dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi tahun Saka 1933 yang jatuh pada hari Sabtu 5 Maret 2011.
Prosesi diawali dengan upacara Mendak Tirta dan Pradaksina yang dilaksanakan di tiga candi yang berada di Kompleks Prambanan yakni Candi Brahma, Wisnu dan Siwa. Prosesi Mendak Tirta merupakan ritual doa yang dilakukan di dalam Candi Siwa. Kemudian, dilanjutkan dengan mengitari candi tersebut sebanyak tiga kali (Pradaksina).
Setelah itu acara dilanjutkan dengan arak-arakan terdiri dari para pendeta, rombongan pembawa sesajian, satu Gunungan Lanang, satu Gunungan Wadon, dan enam buah ogoh-ogoh.


  Acara dilanjutkan dengan tarian pembuka di hadapan Menteri Agama Suryadharma Ali, Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, Gurbernur DIY .”Sesungguhnya, dalam rangkaian upacara Nyepi,substansinya adalah melakukan penyucian jagad agung alam semesta dan jagad alih diri manusia yang ditujukan untuk sembuhnya kerusakan masyarakat dan alam agar dapat mencapai kebahagiaan lahir dan bathin,” kata Gubernur DIY.
Hal itu dapat dilihat dengan ritual Catur Bhrata yang meliputi tidak berpergian (Amati Lelunganan), tidak bekerja (Amati Karya), tidak bersenang-senang (Amati Lelangunan) dan tidak menyalakan api (Amati Gheni). Keempat pantangan tersebut diyakini sebagai suatu bentuk dari godaan-godaan yang harus dihindari dalam penyucian diri.






Semantara Suryadharma Ali dalam sambutannya mengatakan, upacara Tawur akan semakin bermakna jika tidak hanya berhenti dalam bentuk ritual saja, diharapkan dapat menjadi pedoman hidup semua umat Hindu dalam kehidupan sehari-hari dalam perannya sebagai anak bangsa Indonesia.
Rangkaian prosesi Tawur Agung dimulai sejak pukul 08:00 WIB dan berkahir sekitar pukul 11:30 WIB. Selepas upacara Tawur Agung Kesanga, ribuan umat Hindu melanjutkan ritual dengan melakukan doa-doa.  
 
- dj_atee -


No comments:

Post a Comment