Saturday, March 19, 2011

Upacara Melasti 2011 di Parangkusumo

hhuuff..huuff....
lama sudah tak nulis di blog ini...mencari ide itu memang susah...hhheeheee..padahal sebenernya apa saja bisa jadi inspirasi... hhmmm...setelah ngliat data2 n stok foto akhir2 ini, ehh.. ternyata banyak juga yang belom sempet di posting disini...maaariiii saya share kan sajaahh...

walopun hari Raya Nyepi 2011 udah lewat, tapi kayaknya ga ada salahnya juga sih klo saya posting dsini... (ya eyalaahhh....blog gue..suka2 gue duunkk) :p

 Upacara Melasti 2011 di Parangkusumo

28 Februari 2011



Ribuan umat Hindu memadati Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kabupaten Bantul. Mereka menggelar upacara Melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Alunan musik dan gamelan yang dibawakan perkumpulan umat Hindu yang ada di Yogyakarta, mengiringi jalannya upacara yang dipimpin oleh Ida Begawan Putra Manuaba, Ida Begawan Sebali Tianyar dan Wasi Achir Murti Adiwiyono yang berlangsung khidmad. Ribuan umat memenuhi area upacara sambil membawa berbagai macam sesaji.
 

 
 Menurut Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Yogyakarta, Drs Ida Bagus Agung MT mengatakan, Melasti merupakan sebuah rangkaian Hari Raya Nyepi. Melasti punya makna mensucikan arca, pratima, nyasa atau pralingga sebagai wujud sthana Ida Sang Hyang Widhi dengan berbagai manifestasinya. Selain itu Melasti juga bermakna mensucikan diri pribadi, serta jagat beserta isinya. Sementara makna spritual Melasti, lanjutnya, membuang kotoran dan mengambil tirtha amritha, artinya membuang sifat buruk dan selalu introspeksi diri agar kehidupan yang akan datang bisa lebih baik lagi dari kehidupan sebelumnya.






 Setelah Upacara Melasti ini, pada 4 Maret 2011, akan diadakan Upacara Tawur Agung di Candi Prambanan Yogyakarta. Tawur Agung juga merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 yang akan jatuh pada hari Sabtu, 5 Maret 2011.


-dj_atee-





 

No comments:

Post a Comment