Monday, June 6, 2011

Festival Perahu Naga membuka Perayaan Peh Cun 2011

Bantul – Sejak pagi hari, masyarakat sudah memenuhi tepian Bendung Tegal, Canden, Jetis, bantul dimana untuk keempat kalinya diadakan Festival Perahu Naga. Acara ini merupakan acara tahunan dalam rangkaian acara Perayaan Peh Cun 2011. Festival Perahu Naga merupakan simbol penyelamatan Khut Gwan yang merupakan Perdana Menteri di Cina yang disukai oleh rakyatnya.
"Festival perahu naga diadakan sebelum perayaan Peh Cuh yang jatuh setiap tanggal lima bulan lima kalender imlek." kata Ketua Pelaksana Perayaan Peh Cun, KMT A Tirtodiprojo di sela-sela acara.
Acara yang dimulai sejak pukul sembilan pagi ini, diikuti oleh 15 tim dayung, sebagian besar berasal dari DIY, namun juga ada peserta yang berasal dari Jepara serta Cilacap. Acara ini dihadiri Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX, Bupati Bantul Hj Sri Suryawidati, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir SH Mhum.
Dengan adanya acara ini yang rutin dilakukan setiap tahun, Hj Sri Suryawidati, Bupati Bantul mengatakan bahwa dengan adanya acara ini, bias menjadi tujuan wisata yang baru. “Ke depannya, lomba perahu naga ini bisa diikuti oleh tim-tim dari luar negeri.” tambahnya.
Selama ini, kegiatan tersebut hanya sebatas wilayah DIY dan sekitarnya., namun sudah dimulai wacana untuk diadakan dalam tingkat nasional. “ Dengan menjadikan tujuan wisata baru, kelak akan juga menambah pendapatan daerah.” lanjut Bupati Bantul yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perayaan Peh Cun kali ini.
Ada sedikit perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya pada pelaksanaan acara yang didukung oleh Pemkab Bantul, Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Jogja Chinese Art dan Culture Center Masyarakat Tionghoa Yogyakarta ini. “Jarak lintasan dan jumlah lintasan yang berkurang.” kata KMT A Tirtodiprojo. “ Karena erupsi merapi ternyata juga menyebabkan kedangkalan sungai.” lanjutnya.

No comments:

Post a Comment